21 Februari 2018 - ila yahya

30.8.18

21 Februari 2018



[Tulisan ini ditulis pada 21 Februari 2018. Lupa di-post pada saat itu. Makanya baru post sekarang]

Beberapa hari yang lalu, Sy nge-chat salah satu sahabat yang paling dekat, Ita. Ngasih peringatan agar dia tdk mengucapkan selamat ulang tahun di media sosial pada 21 Februari nanti. Bukannya kepedean bakal dikasih ucapan. Tapi karena memang dialah satu-satunya yg paling ingat dan tdk pernah absen ngirim doa di tgl 21 Februari sejak 2012, entah itu tengah malam memasuki tgl 21 atau siangnya. 

Saya orangnya agak tertutup. Sampai semua sosmed yg ada di hp spt Facebook, Twitter dan Line Sy non-aktifkan tgl ultahnya. Mungkin bagi sebagian besar orang, hari ultah adalah hari yang sangat menyenangkan karena akan mendapatkan banyak ucapan selamat ultah dan doa-doa. Tapi kalau saya agak berbeda. 

Saya hanya akan lebih senang ketika menerima ucapan selamat ultah dari orang-orang yang bukan mengetahuinya dari pemberitahuan Sosmed. Dengan kata lain, Saya hanya mengharapkan ucapan selamat dari mereka yang benar-benar mengingatnya, bukan ikut-ikutan dengan orang-orang yang telah memberikan ucapan. Dan Saya juga ingin melihat, siapa sih yang ingat tanggal ultahnya ila. wkwkwkwk :D :D

Siang hari tanggal 20 Februari, saya menerima chat via Line dari salah satu teman pelatihan Desain Grafis tahun 2016 yang lalu. Biasanya Sy mengabaikan chatnya karena dia paling sering ngechat di saat yang kurang tepat. Entah saat saya lagi di luar ada kesibukan lain, lagi kuliah, atau ketika sy sdh ingin tidur. Dan kadang Sy lupa untuk balas. Tapi hari itu kebetulan Sy lg bersantai, nah Sy bukalah chatnya. Ternyata dia ngasih ucapan selamat ultah. Walaupun lebih cepat sehari, but it's amazing. Kok dia bisa tau kalau saya ultahnya di bulan Februari? Padahal saat pelatihan 2 tahun yang lalu, akses untuk mengetahui tgl lahir rekan sendiri agak sulit. Selain itu, tgl ultah di FB pun sdh Sy lock. Dalam hati sy berkata, ternyata ada yang lain selain Ita yg mengingat tgl 21 Februari. :D :D Anyway, Makasih yaahhhh... ^_^

21 Februari 2018
Tiap malam biasanya Sy begadang sampai jam 2 atau jam 3 dini hari. Termasuk memasuki tanggal 21 Februari, Sy masih begadang. 

Pukul 00:12 chat dari Ita masuk. Seperti dugaanku sebelum-sebelumnya, ini adalah ucapan selamat ulang tahun beserta doa-doa darinya. Dia memang selalu jadi yang pertama mengucapkan ini.  Begitupun ketika Ultahnya tiba, Sy tdk akan pernah absen dan tdk pernah telat untuk kasih ucapan. Semoga sampai kapan pun kita akan tetap begini ^_^. 

Sejauh ini sudah 2 orang yang mengingat hari ultahnya ila. Dan Sy berharap, besok di Kantor tdk ada yg rapa2 mengumumkan bahwa Sy lagi ultah (Seperti yg biasanya terjadi ketika ada yang ultah di kantor). 

Jam menunjukkan pukul 2 dini hari, sebelum Sy tidur, Sy menuliskan ucapan ultah untuk diri sendiri beserta harapan-harapan kedepannya di note Hp. Ini sebagai reminder aja kalau misalnya saya lalai.

------

Salah satu hal yg Sy tuliskan di note semalam adalah mengusahakan agar tdk akan terlambat lagi ngantor dan akan rajin masuk kuliah. Dan alhamdulillah yah.. hari ini Sy ceklok sebelum jam 9 pagi. Semoga kedepannya akan terus begitu.

Setelah ceklok, Sy mulai mengerjakan apa yang bisa Sy kerjakan sebelum ke kampus. Teman-teman  di kantor yang lain pun santai-santai Saja. Jd Sy beranggapan, yesss mereka tdk ada yang nyadar hari ini tgl 21 Februari, pdhl kmaren Kak Fian masih nyebut-nyebut tgl 21 Feb adl ultahnya ila. Dalam hati, semoga tdk ada yg ingat, semoga tdk akan ada yg ngasih ucapan di depan teman2 lain sehingga yg lain pun tdk ikut-ikutan ngasih ucapan. Karena yang seperti ini sebenarnya Sy kurang suka, kurang tulus aja sih kalau menurut Sy.

Saat mulai bersiap-siap akan ke Kampus, Appi (teman Kantor yang paling ceria, paling ribut, paling bisa menghidupkan suasana kantor dengan kekocakannya) tiba-tiba menyalami Sy dan membisikkan "Selamat Ulang Tahun". Hahahah Sempat kaget dan sdikit ketawa, kok dia tau? prasaan smua sumber di sosmed sdh sy steril-kan. Nah, Sy pun ngechat Appi agar tdk ribut-ribut. Biarlah mereka yg tdk nyadar dgn ini tdk mengetahuinya.

-------

Pukul 12an siang Setelah kuliah, Sy balik ke Kantor. Dan langsung naik ke ruang meeting. Lagi lapar dan capek panas-panasan dari kampus, Sy ngadem dulu sejenak sebelum membuka laptop. Eh Kak Fian masuk ruang meeting dan langsung menanyakan tentang absensi. Sebenarnya Sy agak sensitif dengan ini sejak kmaren. Selain karena memang absensi Sy selama ini ancur bangett, yah karena memang awalnya sdh dikatakan untuk waktu kerja di kantor fleksibel. Dan Sy pun nyadar diri. Misalnya ketika Sy telat datang, yah Sy juga menelatkan diri untuk pulang. Atau ketika Sy ada kuliah, Yah Sy mengganti jam yang dipakai buat kuliah itu dengan menambah jam kerja sampe malam. I think it's fair enough. That's why Sy biasanya sampai malam di kantor. 

Tapi kak Fian secara tidak langsung dari tutur katanya masih mempersoalkan keterlambatan. Hahahaha Sy jadi agak naik darah dibuatnya. Tp Sy emosinya dibawa kalem. Sudah komitmen sejak pagi bahwa apapun yang tejadi hari ini, stay cool. Jangan marah atau jengkel2an apalagi ngamuk. Karena ini kan hari spesial, walaupun sebenarnya tdk ada yg spesial di hari ini. 

Sy mengalihkan kejengkelan tadi dengan chattingan di salah satu grup di WA, 'IRI move to WA'. Dan ini manjur. Kejengkelan tadi perlahan-lahan memudar. Walau di ruang meeting masih ada kak Fian yang  masih membahas soal absensi. Dan sebagai closing statement, Sy cmn bilang, okeh kalau memang absensi akan dijadikan sbg salah satu penilaian dalam kinerja, harus ada sosialisasi perihal ini lagi. Karena sebelumnya pemahaman Kami adalah waktu kerja yang fleksibel (selama keterlambatan itu bukanlah faktor kesengajaan). Kak Fian lalu keluar dari ruang meeting. Sy pun jadi kepikiran, "yaelah... kok gini amat yah 21 Februari gue di tahun ini. Terburuk!!!"

Saya biasanya kalau lagi jengkel, sedih, jenuh atau muak, pasti bakal meluapkannya di note HP. Dan Sy sempat menuliskan uneg2 siang ini di note hp: 


Saking sedihnya saking jengkelnya dengan keadaan ini, Sy malah pengen nonton bareng org2 yg di grup WA tadi. Sudah janjian jamnya, Filmnya.. Tp sayang gopay lg kosong. Nah, Sy memutuskan minta tlng d tmn kantor untuk diisikan gopay. Dan kak Andry (My leader) memang selalu menjadi yg terbaik, dia yg mengisikan gopay-ku. Tengkyuuu kak..

Saat itu Sy jadi cepat2 pengen nonton. Biar suasana hatinya jadi baik kembali. Judul film yg disepakati sudah ada, gopay sdh terisi. Tinggal milih waktu booking tiketnya. Dan kami di grup sepakat bakal nonton yg jam 8 malam.

Rencananya sih sampe jam 7 malam Sy bakal mengendap di ruang meeting. Lagi malas turun ke bawah. Takutt nanti mood nya tambah rusak. 

Beberapa menit kemudian, Aisyah datang sambil membawa handycam milikku dan bilang kalau handycamnya bermasalah, tdk bisa merekam. Dalam hati, oh mai gat... Ada apa dengan hari ini?  Sebelumnya handycam itu tdk prnh brmasalah. Dan kalau beneran rusak, Sy harus bilang apa ke bapak nanti? :'( :'(


Surpriiiiisssseeeeeee
Sambil bertanya knp bisa spt ini handycamnya, Sy terus mencari tau penyebabnya. Saat mulai ngutak atik handycam, teman-teman kantor rame2 masuk ruang meeting sambil bawa kue ultah dan nyanyi slamat ulang Tahun. 



Waaaaahhhhhh...... 

Kaget? Yuuupppzzzz.... Ga nyangka.. Kirain mereka benar2 tdk ingat atau tidak tau hari ini. 

Terharu? Yuupppzzz.... Ternyata mereka ingat. Entah siapa dalangnya untuk ngasih surprise ini. Tp  Sy benar2 ucapkan Terima Kasih. Btw, makasih juga buat Malik yang sudah mendokumentasikan ini.

Makassiiihhhh.... Love You All :* :* :*

Dan kadonya adalah ketika Goe memecahkan telur di kepalaku. Hahahahah jadi teringat tahun 2007 yg lalu. Ketika Sy ultah, namanya juga anak SMP. Kalau ada yg ultah, gak jauh2lah dari yg namanya dilempari telur. Tp karena waktu itu Sy orangnya masih gak asik, jadi teman dekat yg melemparkan telur ke Sy, sy bombe selama seminggu. Yah Sy akui, waktu itu sy masih labil :D :D

Tapi ketika goe melemparkan telur, pengen marah tapi G bisa :D 
Mungkin krn saking senangnya dikasih surprise ultah dari teman kantor yang sebenarnya belum cukup setahun bersama. Sebelumnya, dikasih surprise bgini wktu tahun 2014 dari teman geng yang salah satunya menjadi pacar yang kemudian saat ini telah menjadi mantan :D.  Dan 4 tahun setelahnya, di tahun 2018 dapat surprise dari teman Kantor. Makasih... Kalian luar biasa :* :*



No comments:

Terima kasih telah membaca tulisan ini. Silahkan tinggalkan komentar ^_^

@ilayahya_